Jumat, 16 Maret 2012

Setiap orang tentu ingin mendapatkan kulit wajah yang putih, segar alami. Apalagi di Indonesia yang beriklim tropis sehingga jika kita terkena sinar matahari setengah jam saja akan membuat kulit kita terlihat kusam dan menghitam. Jika kita adalah orang tua di atas 70 tahun mungkin tidak terlalu bermasalah. Akan tetapi jika kita masih remaja yang sedang asik - asiknya bergaul dengan teman atau masa pacaran maka dapat menimbulkan masalah yang serius.
Tidak sedikit orang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kulit wajah agar tampil menawan. Ada yang membeli krim pemutih wajah, padahal krim pemutih wajah ini sangat berbahaya karena mengandung bahan kimia. Ada yang rela membayar mahal pada dokter kulit untuk resep obat dan konsultasi, bahkan banyak yang melakukan operasi plastik. Padahal cara seperti itu untuk jangka panjang ada efek samping. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan aman untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, bersih dan segar, yaitu dengan mengandalkan bahan alami. Selain aman karena tidak ada efek samping pemakaian bahan alami hasilnya jauh lebih baik daripada bahan kimia. Kelemahan bahan alami adalah tidak bisa menghasilkan secara cepat seperti bahan kimia tapi mesti rajin dan sabar. Berikut adalah bahan alami untuk dapat membuat wajah menjadi putih, segar, halus dan tidak berkerut.

  • Pisang. Manfaat pisang selain baik untuk kesehatan, ternyata juga baik untuk menghasilkan kulit putih bersih dan segar. Caranya, haluskan pisang yang sudah masak lalu oleskan pada kulit wajah dan leher. Tunggu sampai minimal sekitar 30 menit, setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan 2 kali sehari yaitu waktu siang setelah makan siang dan sebelum tidur.
  • Putih telur. Oleskan putih telur secara merata, ke seluruh kulit wajah dan leher. Tunggu antara 30 - 40 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Selain bermanfaat untuk memutihkan dan menyegarkan kulit wajah, putih telur juga dapat mencegah kerut pada kulit wajah sehingga kulit wajah terlihat segar dan awet muda. Lakukan setiap malam hari sebelum tidur.
  • Bengkuang. Haluskan bengkuang lalu jadikan masker untuk kulit wajah dan leher. Setelah sekitar 30 menit bersihkan wajah dengan air hangat. Manfaat bengkuang untuk kulit wajah sangat banyak antara lain memutihkan wajah, menghilangkan flek bekas jerawat dan luka dan membuat kulit terlihat lebih lembut. Lakukan minimal 2 kali sehari dan rasakan efeknya setelah sebulan.
  • Alpukat. Buah alpukat adalah buah yang kaya dengan vitamin A, C dan E, mineral seperti zat besi, protein, asam pantotenik dll. Jadikan alpukat sebagai makanan sehari hari sehingga tubuh kita lebih sehat. Selain untuk kesehatan alpukat juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Alpukat dapat menghilangkan flek hitam dari sengatan matahari, bekas jerawat dan bekas luka. Selain itu penggunaan alpukat juga berguna untuk melembabkan kulit sehingga terlihat lebih segar dan kencang tidak berkerut. Caranya: ambila secukupnya alpukat lalu jadikan masker untuk kulit wajah dan leher. Sebaiknya lakukan pada siang hari dan malam sebelum tidur. Tunggu selama 30 - 40 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Tomat. Buah tomat sangat kaya dengan vitamin terutama vitamin C, D dan E. Tidak banyak yang tahu jika tomat juga baik untuk kulit wajah. Buah tomat mampu menghilangkan flek hitam karena matahari, bekas jerawat dan luka. Selain itu buah tomat mampu mencegah penuaan dini karena mencegah kulit berkerut.
  • Jeruk nipis. Seperti halnya tomat, manfaat jeruk nipis masih jarang orang yang tahu. Padahal jeruk nipis sangat banyak manfaatnya untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Manfaat utamanya adalah mengurangi kadar lemak sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu minyak jeruk nipis juga dapat merapatkan pori - pori kulit sehingga kulit terlihat segar muda dan lebih halus. Caranya: potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu oleskan air jeruk nipis ke seluruh kulit wajah. Tunggu sampai sekitar 15 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan minimal 3 kali sehari.
  • Dengan melakukan tips merawat wajah dengan bahan alami di atas, wajah Anda akan lebih segar, bersih bebas flek hitam, putih, halus dan tidak berkerut. Anda dapat mencoba dan memadukan tips merawat wajah di atas secara bersamaan tidak usah takut ada efek samping seperti bahan kimia. Semoga bermanfaat. Komentar, pengalaman dan pertanyaan saya tunggu di form komentar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar